BISMILLAH AR-RAHMAN AR-RAHIM

Blog ini akan menampilkan beberapa tulisan tentang apa aja yang bermanfaat. Semoga mendapat nilai tambah yang positif

Selasa, 23 Maret 2010

PUISI BUAT BUAH HATIKU TERSAYANG

BILA IBU BOLEH MEMILIH
Ratih Sanggarwati

Anakku,…

Bila ibu boleh memilih

Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu

Maka ibu akan memilih mengandungmu…

Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah

Sembilan bulan nak,… engkau hidup di perut ibu

Engkau ikut kemanapun ibu pergi

Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan

Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu kecewa dan berurai air mata…


Anakku,…

Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang melahirkanmu

Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu

Karena menunggu dari jam ke jam, menit ke menit kelahiranmu

Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga

Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan

Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua

Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit,

Yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun

Dan ketika engkau hadir, tangismu memecah dunia

Saat itulah… saat paling membahagiakan

Segala sakit & derita sirna melihat dirimu yang merah,

Mendengarkan ayahmu mengumandangkan adzan,

Kalimat syahadat kebesaran Allah dan penetapan hati tentang junjungan kita Rasulullah di telinga mungilmu
..

Anakku,…

Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah, atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu,

Maka ibu memilih menyusuimu,

Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan-tetesan dan tegukan tegukan yang sangat berharga

Merasakan kehangatan bibir dan badanmu didada ibu dalam kantuk ibu,

Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan


Anakku,…

Bila ibu boleh memilih duduk berlama-lama di ruang rapat

Atau duduk di lantai menemanimu menempelkan puzzle

Maka ibu memilih bermain puzzle denganmu

Tetapi anakku…

Hidup memang pilihan…

Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana

Maka maafkanlah nak…

Maafkan ibu…

Maafkan ibu…

Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita,

Agar tidak ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang

Percayalah nak…

Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu

Percayalah nak…

Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu…


6 RENUNGAN PERTANYAAN

Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al-Ghozali bertanya:


Pertama... "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?"

Murid-muridnya menjawab "Orang tua, guru, kawan, dan sahabat".

Imam Ghozali menjelaskan semua jawaban itu BENAR. Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah MATI. Sebab itu janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati (Ali Imran 185)


Kedua..."Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?".

Murid-muridnya menjawab "Bulan, matahari dan bintang-bintang".

Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka itu adalah BENAR. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Walau dengan apa cara apapun kita tidak dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.


Ketiga...."Apa yang paling besar di dunia ini?".

Murid-muridnya menjawab "Gunung, bumi dan matahari".

Semua jawaban itu BENAR kata Imam Ghozali. Tetapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah NAFSU. (Al A'Raf 179). Maka kita harus berhati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.


Keempat..."Apa yang paling berat di dunia ini?".

Ada yang menjawab "Besi dan gajah".

Semua jawapan adalah BENAR, kata Imam Ghozali, tetapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH. (Al Ahzab 72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.


Kelima..."Apa yang paling ringan di dunia ini?"

Ada yang menjawab "Kapas, angin, debu dan daun-daunan".

Semua itu BENAR kata Imam Ghozali, tetapi yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan sholat. Karena bekerja, kita meninggalkan sholat.


Keenam..."Apakah yang paling tajam di dunia ini?"

Murid-muridnya menjawab dengan serentak, "Pedang".

BENAR kata Imam Ghozali, tetapi yang paling tajam adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia selalunya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

ILMU PENDIDIKAN

1. PENGERTIAN PENDIDIKAN

Ada istilah Ilmu Pendidikan (Peadagogiek) dan Pendidikan (Paedagogie)
  • Ilmu Pendidikan lebih menitik beratkan kepada pemikiran permenungan tentang pendidikan. Pemikiran bagaimana sebaiknya sistem pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, sarana dan prasarana, cara penilaian, dan guru yang baik.
  • Pendidikan adalah suatu kegiatan yang secara sadar dan disengaja serta penuh tanggung jawab yang dilakukan oleh orang dewasa kepada anak sehingga timbul interaksi dari keduanya agar anak tersebut mencapai kedewasaan yang dicita-citakan dan berkesinambungan.

2. PENTINGNYA ILMU PENDIDIKAN

Untuk pengembangan individu:
  • Adanya kemampuan atau potensi dasar pada manusia
  • Pengembangan potensi dasar
Bagi pendidik:
  • Memudahkan praktek pendidikan
  • Kecintaan pendidik terhadap tugasnya
  • Menghindari banyak kesalahan dalam melaksanakan praktek pendidikan
Segi pembangunan:
  • Meningkatkan keberhasilan pembangunan
  • Pemerataan pendidikan

3. LAMANYA PENDIDIKAN
  • Langeveld : Pendidikan dimulai sejak anak mengenal kewibawaan (3 Tahun)
  • Ki Hajar Dewantara : dimulai sejak anak dilahirkan sampai meninggal dunia.
  • Brojonagoro : Pendidikan dimulai sejak memilih calon suami atau calon isteri

4. ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN
  • Aliran Naturalisme (Schopenhauer)
  • Aliran Empirisme (John Locke)
  • Aliran Convergensi (William Stren)

5. UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
  • Komunikasi
  • Kesengajaan
  • Kewibawaan
  • Normatif
  • Unsur anak
  • Unsur kedewasaan

6. JENIS-JENIS PENDIDIKAN

Menurut tingkat persekolahan:
  • Pra Sekolah Dasar
  • Sekolah Dasar
  • Sekolah Menengah Pertama
  • Sekolah Menengah Atas
  • Sekolah Tinggi
Menurut tempat berlangsungnya pendidikan:
  • Pendidikan di dalam keluarga
  • Pendidikan di dalam sekolah
  • Pendidikan di dalam masyarakat
Menurut cara berlangsungnya pendidikan:
  • Pendidikan Fungsional
  • Pendidikan Intensional
Menurut aspek pribadi yang disentuh:
  • Jurusan Agama
  • Jurusan Hukum
  • Jurusan Psikologi
  • Jurusan Tekhnik
  • Jurusan Pendidikan
  • dll
Menurut sifatnya pendidikan:
  • Formal : teratur, bertingkat dan mengikuti aturan atau syarat tertentu (sekolah)
  • Non formal : dilaksanakan secara tertentu tetapi tidak terlalu mengikuti peraturan yang ketat
  • Informal : pengalaman sehari-hari.

7. DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN

Dasar Pendidikan: Manusia adalah makhluk Tuhan dan makhluk sosial

Tujuan Pendidikan (Umum):
  • Mampu melaksanakan tugas dari Tuhan sebaik-baiknya
  • Mampu melaksanakan tugas kemanusiaan
  • Mampu melaksanakan tugas kewarganegaraan
  • Mampu melaksanakan tugas kemasyarakatan
  • Mampu melakukan tugas pribadi sebaik-baiknya

8. TUJUAN PENDIDIKAN
  • Tujuan Umum: Tujuan akhir adalah membentuk insan kamil
  • Tujuan Khusus: Tujuan pendidikan yang telah disesuaikan dengan keadaan atau kondisi tertentu dalam rangka mencapai tujuan umum
  • Tujuan Tak Lengkap: Tujuan pendidikan yang mempunyai aspek saling berhubungan dan keterkaitan satu dengan yang lain
  • Tujuan Insedentil: Tujuan pendidikan yang timbul secara mendadak dan hanya bersifat sesaat
  • Tujuan Sementara: Tujuan yang ingin dicapai dalam fase-fase tertentu dari pendidikan
  • Tujuan Perantara/Intermedier: Tujuan yang merupakan alat atau sarana untuk mencapai tujuan yang lain

9. ALAT-ALAT PENDIDIKAN

Suatu tindakan atau perbuatan atau situasi atau benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai tujuan pendidikan

Pembagian Alat Pendidikan:
  • Alat Pendidikan Positif dan Negatif
  • Alat Pendidikan Preventif dan Korektif
  • Alat Pendidikan Hukuman dan Ganjaran
  • Alat Pendidikan Materil dan Non Materil

10. FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN
  • Anak didik
  • Pendidik
  • Tempat atau lingkungan
  • Tujuan pendidikan
  • Alat pendidikan

11. HAKIKAT PENDIDIKAN NASIONAL
  • Hubungan manusia dengan Tuhan
  • Hubungan manusia dengan manusia
  • Hubungan manusia dengan alam

12. KOMPONEN PENDIDIKAN NASIONAL
  • Agama
  • Bahasa
  • Jasmani
  • Kesenian
  • Ilmu Pengetahuan
  • Keterampilan

13. FUNGSI PENDIDIKAN NASIONAL

Untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa maka pendidikan nasional berfungsi sebagai alat:
  • Pengembangan pribadi dan warga negara
  • Pengembangan kebudayaan
  • Pengembangan bangsa

14. DASAR PENDIDIKAN NASIONAL

Membangun manusia Indonesia menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

15. TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
  • Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
  • Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan
  • Mempertinggi budi pekerti
  • Memperkuat kepribadian
  • Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  • Bertanggung jawab atas pembangunan

16. MASALAH-MASALAH PENDIDIKAN
  • Problematika WHO : Menyangkut pendidik dan anak didik
  • Problematika WHY : Menyangkut pelaksanaan pendidikan
  • Problematika WHERE : Menyangkut tempat pelaksanaan pendidikan
  • Problematika WHEN : Menyangkut waktu pelaksanaan pendidikan
  • Problematika WHAT : Menyangkut dasar, tujuan dan bahan pendidikan
  • Problematika HOW : Menyangkut cara/metode yang digunakan dalam proses pendidikan