BISMILLAH AR-RAHMAN AR-RAHIM

Blog ini akan menampilkan beberapa tulisan tentang apa aja yang bermanfaat. Semoga mendapat nilai tambah yang positif

Selasa, 23 Maret 2010

ILMU PENDIDIKAN

1. PENGERTIAN PENDIDIKAN

Ada istilah Ilmu Pendidikan (Peadagogiek) dan Pendidikan (Paedagogie)
  • Ilmu Pendidikan lebih menitik beratkan kepada pemikiran permenungan tentang pendidikan. Pemikiran bagaimana sebaiknya sistem pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan, sarana dan prasarana, cara penilaian, dan guru yang baik.
  • Pendidikan adalah suatu kegiatan yang secara sadar dan disengaja serta penuh tanggung jawab yang dilakukan oleh orang dewasa kepada anak sehingga timbul interaksi dari keduanya agar anak tersebut mencapai kedewasaan yang dicita-citakan dan berkesinambungan.

2. PENTINGNYA ILMU PENDIDIKAN

Untuk pengembangan individu:
  • Adanya kemampuan atau potensi dasar pada manusia
  • Pengembangan potensi dasar
Bagi pendidik:
  • Memudahkan praktek pendidikan
  • Kecintaan pendidik terhadap tugasnya
  • Menghindari banyak kesalahan dalam melaksanakan praktek pendidikan
Segi pembangunan:
  • Meningkatkan keberhasilan pembangunan
  • Pemerataan pendidikan

3. LAMANYA PENDIDIKAN
  • Langeveld : Pendidikan dimulai sejak anak mengenal kewibawaan (3 Tahun)
  • Ki Hajar Dewantara : dimulai sejak anak dilahirkan sampai meninggal dunia.
  • Brojonagoro : Pendidikan dimulai sejak memilih calon suami atau calon isteri

4. ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN
  • Aliran Naturalisme (Schopenhauer)
  • Aliran Empirisme (John Locke)
  • Aliran Convergensi (William Stren)

5. UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
  • Komunikasi
  • Kesengajaan
  • Kewibawaan
  • Normatif
  • Unsur anak
  • Unsur kedewasaan

6. JENIS-JENIS PENDIDIKAN

Menurut tingkat persekolahan:
  • Pra Sekolah Dasar
  • Sekolah Dasar
  • Sekolah Menengah Pertama
  • Sekolah Menengah Atas
  • Sekolah Tinggi
Menurut tempat berlangsungnya pendidikan:
  • Pendidikan di dalam keluarga
  • Pendidikan di dalam sekolah
  • Pendidikan di dalam masyarakat
Menurut cara berlangsungnya pendidikan:
  • Pendidikan Fungsional
  • Pendidikan Intensional
Menurut aspek pribadi yang disentuh:
  • Jurusan Agama
  • Jurusan Hukum
  • Jurusan Psikologi
  • Jurusan Tekhnik
  • Jurusan Pendidikan
  • dll
Menurut sifatnya pendidikan:
  • Formal : teratur, bertingkat dan mengikuti aturan atau syarat tertentu (sekolah)
  • Non formal : dilaksanakan secara tertentu tetapi tidak terlalu mengikuti peraturan yang ketat
  • Informal : pengalaman sehari-hari.

7. DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN

Dasar Pendidikan: Manusia adalah makhluk Tuhan dan makhluk sosial

Tujuan Pendidikan (Umum):
  • Mampu melaksanakan tugas dari Tuhan sebaik-baiknya
  • Mampu melaksanakan tugas kemanusiaan
  • Mampu melaksanakan tugas kewarganegaraan
  • Mampu melaksanakan tugas kemasyarakatan
  • Mampu melakukan tugas pribadi sebaik-baiknya

8. TUJUAN PENDIDIKAN
  • Tujuan Umum: Tujuan akhir adalah membentuk insan kamil
  • Tujuan Khusus: Tujuan pendidikan yang telah disesuaikan dengan keadaan atau kondisi tertentu dalam rangka mencapai tujuan umum
  • Tujuan Tak Lengkap: Tujuan pendidikan yang mempunyai aspek saling berhubungan dan keterkaitan satu dengan yang lain
  • Tujuan Insedentil: Tujuan pendidikan yang timbul secara mendadak dan hanya bersifat sesaat
  • Tujuan Sementara: Tujuan yang ingin dicapai dalam fase-fase tertentu dari pendidikan
  • Tujuan Perantara/Intermedier: Tujuan yang merupakan alat atau sarana untuk mencapai tujuan yang lain

9. ALAT-ALAT PENDIDIKAN

Suatu tindakan atau perbuatan atau situasi atau benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai tujuan pendidikan

Pembagian Alat Pendidikan:
  • Alat Pendidikan Positif dan Negatif
  • Alat Pendidikan Preventif dan Korektif
  • Alat Pendidikan Hukuman dan Ganjaran
  • Alat Pendidikan Materil dan Non Materil

10. FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN
  • Anak didik
  • Pendidik
  • Tempat atau lingkungan
  • Tujuan pendidikan
  • Alat pendidikan

11. HAKIKAT PENDIDIKAN NASIONAL
  • Hubungan manusia dengan Tuhan
  • Hubungan manusia dengan manusia
  • Hubungan manusia dengan alam

12. KOMPONEN PENDIDIKAN NASIONAL
  • Agama
  • Bahasa
  • Jasmani
  • Kesenian
  • Ilmu Pengetahuan
  • Keterampilan

13. FUNGSI PENDIDIKAN NASIONAL

Untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa maka pendidikan nasional berfungsi sebagai alat:
  • Pengembangan pribadi dan warga negara
  • Pengembangan kebudayaan
  • Pengembangan bangsa

14. DASAR PENDIDIKAN NASIONAL

Membangun manusia Indonesia menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

15. TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
  • Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
  • Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan
  • Mempertinggi budi pekerti
  • Memperkuat kepribadian
  • Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  • Bertanggung jawab atas pembangunan

16. MASALAH-MASALAH PENDIDIKAN
  • Problematika WHO : Menyangkut pendidik dan anak didik
  • Problematika WHY : Menyangkut pelaksanaan pendidikan
  • Problematika WHERE : Menyangkut tempat pelaksanaan pendidikan
  • Problematika WHEN : Menyangkut waktu pelaksanaan pendidikan
  • Problematika WHAT : Menyangkut dasar, tujuan dan bahan pendidikan
  • Problematika HOW : Menyangkut cara/metode yang digunakan dalam proses pendidikan

Tidak ada komentar: